Tips Penting untuk Membuat Desain Kemasan yang Menarik – Meskipun produk atau layanan yang Anda jual dalam bisnis mungkin merupakan satu-satunya faktor terpenting dalam menentukan kesuksesan merek, desain kemasan produk memainkan peran utama dalam kesuksesan penjualan dan bahkan dapat memengaruhi cara konsumen memandangnya. rasakan sendiri produknya.

Tips Penting untuk Membuat Desain Kemasan yang Menarik

Itulah mengapa sangat membantu untuk menghabiskan banyak waktu membuat dan memilih desain yang paling sesuai dengan merek dan produk Anda dengan cara yang sesuai dengan audiens target Anda. Berikut adalah delapan tips untuk memilih desain yang sangat baik untuk kemasan produk Anda.

  1. Pahami target pasar Anda

Memahami kepada siapa Anda menjual produk dapat menjadi langkah awal dalam merancang desain kemasan yang efektif.

Ada beberapa pertanyaan yang perlu diingat, seperti apakah audiens target Anda adalah pria atau wanita, di mana mereka membeli produk, informasi apa yang mereka pertimbangkan saat berbelanja suatu produk, bagaimana kemasan memengaruhi keputusan mereka, dan banyak lagi.

Pertanyaan-pertanyaan ini mempengaruhi palet warna, bentuk kemasan, dan elemen lainnya.

  1. Pilih kemasan yang wajar untuk produk fisik

Penting untuk memilih kemasan yang sesuai dengan tempat produk dijual dan produk apa yang ada di dalamnya. Beberapa produk, seperti barang kaca atau cair, mungkin memerlukan perlindungan ekstra untuk memastikannya sampai ke konsumen dengan utuh.

Ini mungkin termasuk kemasan atau bantalan yang lebih tahan lama di bagian dalam kemasan. Pertimbangkan ukuran dan bentuk yang mudah dikemas dan sesuai dengan produk dan di mana akan dijual.

  1. Jelas tentang apa yang Anda jual

Desain kemasan harus secara jelas menunjukkan produk apa dan tidak boleh mengandung informasi atau gambar yang menyesatkan. Jika Anda menggunakan gambar, gunakan gambar yang menggambarkan produk secara akurat.

Jika Anda menjual santan organik, biji-bijian non-transgenik, atau pakaian dengan bahan ramah lingkungan, jelaskan detail tersebut karena dapat membedakan Anda dari pesaing. Desain kemasan harus menyampaikan nilai dari apa yang ada di dalamnya.

  1. Buat kemasannya mudah dibuka

Kemasan yang sulit dibuka dapat menimbulkan kebingungan bagi pelanggan bahkan dapat mengakibatkan kerusakan produk di dalamnya.

Ini juga dapat merusak reputasi produk dan mengurangi kemungkinan untuk membelinya lagi. Buat kemasannya mudah dibuka, apakah itu tab sobek di sini atau penutup yang mudah diputar. Jika produk memerlukan sedikit keamanan ekstra dalam kemasannya, jelaskan cara membukanya atau pertimbangkan untuk memberikan petunjuk pada kemasannya.

  1. Pikirkan bagaimana tampilannya di toko

Pikirkan di mana produk Anda akan dijual dan ingatlah variabel yang bergantung pada lokasi ini. Ajukan pertanyaan kepada diri sendiri seperti berapa banyak kemasan yang akan terlihat, font mana yang paling jelas dari sudut pandang konsumen, warna dan desain apa yang akan menonjol dari kompetisi, dan banyak lagi.

Jika Anda menjual produk Anda secara online dan di beberapa lokasi ritel, pertimbangkan desain yang cocok di seluruh saluran atau cocok di setiap saluran.

  1. Buat desain paket serbaguna

Keserbagunaan penting dalam hal pengemasan karena memungkinkan desain untuk sedikit dimodifikasi berdasarkan variasi produk Anda, baik itu gaya sepatu yang berbeda, rasa makanan baru atau variabel lain yang memerlukan sedikit perubahan warna atau desain .

Penting juga agar desain kemasan dapat disesuaikan dengan produk yang terkandung di dalamnya. Seperti disebutkan, keserbagunaan juga dapat membantu menjual produk di berbagai saluran.

  1. Pilih bahan yang tepat

Bahan kemasan harus menjaga bentuk, kesegaran dan kualitas produk secara keseluruhan. Ide-ide unik termasuk kemasan yang dapat digunakan kembali, kemasan origami untuk menciptakan bentuk yang menarik dan banyak lagi.

Pertimbangkan juga apa yang penting bagi konsumen, karena kemasan yang dapat didaur ulang dan berkelanjutan telah menjadi aspek yang lebih menonjol dan diinginkan serta dapat meningkatkan penjualan.

Call
Whatsapp
WhatsApp chat