Pengaruh Desain Kemasan – Pernahkah anda berfikir, ketika membeli sesuatu mungkin yang pertama akan anda pilih adalah kemasannya yang elok. Tanpa kita sadari, hal ini kerap kali terjadi kepada kita secara berulang-ulang. Tahukan anda ternyata otak manusia lebih mudah memposes gambar daripada teks. Itulah mengapa desain kemasan yang cantik sangat mudah mempengaruhi kita untuk membelinya. Selain itu juga, konsumen akan mengambil keputusan berdasarkan informasi pertama yang dilihat.

Pengaruh Desain Kemasan

Hampir seluruhnya yang ada disekitar kita mementingkan unsur estetika, penataan warna dan gambar. Sebagaimana yang pernah diungkapkan oleh Steve Jobs, bahwa hal tersebut hanya akan didapatkan oleh mereka yang memiliki cita rasa dan seni. Seni sangat luas dan tidak tergantung dalam teori. Anda bebas berkreasi dengan gagasan dan ide yang ada dalam benak kemudian tuangkan dalam kemasan makanan anda.

Membuat sesuatu yang sederhana justru lebih sulit, begitu pula membuat konten pemasaran dalam bentuk gambar dalam kemasan makanan. Dengan mengutamakan kualitas gambar produk yang ditawarkan, omzet yang akan kita dapatkan setiap bulannya akan bertambah sedikit demi sedikit. Dibawah ini merupakan pengaruh desain kemasan makanan yang sangat membantu kita untuk menaiikan trafik penjualan.

  1. Perlindungan Pada Makanan

Desain kemasan makanan pada produk makanan siap saji memiliki fungsi utama yakni sebagai pelindung. Tanpa kemasan, makanan jadi cepat rusak dan itu bisa membuat rugi perusahaan juga konsumen. Perusahaan merugi karena citra dan kualitasnya bisa turun, dan konsumen rugi karena sudah membayar. Desain kemasan makanan bisa menjadi pertolongan pertama,  karena mampu menjaga makanan dari rusak. Melihat gambar desain kemasan produk makanan siap saji, ada kesan yang tampak kalau makanan tersebut benar-benar utuh dilindungi hingga sampai ke konsumen.

  1. Media Dalam Informasi

Kemasan bukan saja sebagai pelindung makanan itu sendiri, melainkan juga berfungsi sebagai media dalam informasi. Periklanan membutuhkan biaya yang cukup besar, namun kamu bisa menggunkan kemasan makanan mu menjadi media iklan yang murah dan tentunya sangat berpotensi.

  1. Penegasan Identitas

Identitas menjadi hal yang patut diperhatikan. Pasalnya konsumen yang jeli akan memperhatikan akan hal ini. Identitas pada makanan bisa berupa tanggal kadaluarsa, sertifikat perizinan produk, lulus tes kesehatan, dan lain sebagainya. Ini perlu diinformasikan kepada konsumen demi menjaga keaslian dari produk kita. Dengan begitu, desain kemasan makanan menjadi sarana yang tepat dalam memberikan informasi ini.

  1. Tempat Dalam Penjualan

Wadah yang layak dalam pengemasan makanan merupakan landasan yang paling mendasar sebagai pengusaha kuliner. Kemasan makanan yang didesain sedemikian rupa akan memberikan cita rasa yang tinggi. Kebersihan kemasan juga perlu diperhatikan, hal ini bisa kita lakukan dengan lebih selektif dalam pemilihan bahan dasar. Bahan dasar kertas juga semakin dicari sehingga semakin banyak pula yang berniat buruk untuk meraup keuntungan yang lebih besar. Maka dari itu kita harus waspada dalam pemilihan kertas sebaga kemasan.

  1. Media Komunikasi Dengan Konsumen

Komunikasi akan menjadikan kita lebih dekat jika hal itu dilakukan dengan benar. Lalu bagaimaan komunikasi antar penjual makanan dengan konsumen?. Kita buat contoh pada desain kemasan pada produk makanan atau camilan. Desain kemasan camilan ini memakai kombinasi warna cerah dan gelap, ada pesan bahwa produk ini berevolusi lebih modern. Dari yang ‘jadul’ jadi lebih kekinian menyesuaikan segmentasi yang disasar, yaitu kaum muda.

WhatsApp chat