Kriteria Kemasan yang Berpengaruh Terhadap Penjualan – Penggunaan suatu produk kemasan mampu berpengaruh terhadap penjualan, apakah itu benar? Yap, jawabannya benar sekali. Seperti yang telah kita kutip dari beberapa situs di Internet mengatakan bahwa, sebuah kemasan kini mampu berpegaruh terhadap penjualan suatau produk.

Kemasan yang unik dan menarik akan memberikan pengaruh besar terhadap citra positif dari produk yang dijualnya. Namun, jangan hanya kemasannya saja yang menarik dan unik, produk yang dijualnya pun harus dibuat sebaik mungkin agar mampu bersaing dengan produk sejenis yang beredar dipasaran. Oleh sebab itu, penggagas kemasan atau packaging harus mengetahui ciri dan kriteria kemasan produk berpengaruh baik terhadap penjualan.

Kriteria Kemasan yang Berpengaruh Terhadap Penjualan

Saat ini, konsumen sudah mulai tereduksi dengan baik ketika akan membeli sebuah produk. Dari kemasannya saja kini konsumen sudah dapat menilai layak atau tidaknya produk tersebut untuk dibeli. Biasanya, produk-produk yang menampilkan berbagai macam informasi pada kemasan seperti bahan baku yang digunakan, izin dari badan terkait serta manfaat dari produk tersebut akan cenderung lebih mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.

Sebaliknya, jika kemasan tersebut tidak sesuai dengan ciri – ciri dan kriteria kemasan yang baik, maka produk tersebut akan kurang dipercaya oleh para konsumennya. Sangat penting sekali bagi kalian selaku pengusaha kuliner memperhatikan kemasan atau packaging untuk produknya yang akan terjun dipasaran. Jangan sampai hanya karena bungkus yang digunakan tidak baik, menyebabkan kalah saing dengan produk lain.

  1. Berpengaruh Baik Terhadap Penjualan

Kemasan adalah salah satu unsur penting dalam penciptaan produk yang juga mengeluarkan biaya produksi tambahan. Oleh sebab itu, penggunaan kemasan harus mampu mencakup beberapa hal sekaligus seperti manfaat dan keamanan. Untuk memaksimalkan fungsinya, dapat dilakukan sebuah riset kecil supaya tercipta kemasan produk yang efektif dan efisien.

  1. Kemasan Harus Berkarakter

Penggunaan kemasan untuk sebuah produk harus memiliki karakter dalam artian berbeda dari yang lainnya. Perbedaan tersebut bisa berupa aksen warna, merk dagang, jenis huruf, bentuk, ukuran dan lain sebagainya. Dengan membuat desain yang berbeda dari pada pesaing kalian, akan membuat produk mudah dibedakan dengan yang lain. Usahakan membuat karaktersitik unik dan menarik untuk menarik perhatian para konsumen.

  1. Kemasan Memiliki Nilai Keindahan

Kemasan produk yang baik juga harus memiliki nilai dari segi keindahan. Hal ini bertujuan untuk memancing mata konsumen supaya melirik produk yang dijual. Untuk itu, gunakan warna-warna yang mencolok untuk menarik perhatian. Gabungkan beberapa aksen warna dan beberapa unsur tambahan seperti logo, maskot, model huruf, motif bentuk yang dapat menunjang keindahan. Usahakan untuk membuat desain kemasan yang indah guna meningkatkan selera dari para pembeli.

  1. Kemasan Menjamin Keamanan Produk

Satu hal yang paling penting dari fungsi kemasan adalah mampu membuat produk yang ada didalamnya selalu aman. Perhatikan bahan, bentuk dan rancangan untuk disesuaikan sehingga dapat menjamin keamanan produk tersebut. Lakukan beberapa percobaan dan riset untuk kemasan yang akan digunakan supaya menemukan standar yang pas. Pastikan kemasan yang akan kalian gunakan mampu menjaga daya tahan produk untuk bertahan dalam waktu yang cukup lama.

  1. Kemasan Harus Efektif dan Efisien

Penggunaan kemasan harus disesuaikan antara bahannya dengan isi produk yang akan dimuat didalamya. Kemasan akan lebih efektif dan efisien jika memiliki beberapa manfaat sekaligus. Kemasan yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan. Memperhatikan nilai efektifitas dan efisiensi dalam merancang kemasan dapat menekan biaya produksi. Adanya penyesuaian antara kemasan produk dengan sifat produk, maka beberapa manfaat akan didapat sekaligus.

  1. Desain Kemasan Memudahkan Pengiriman

Desain kemasan yang baik akan memperhatikan beberapa faktor kemudahan dalam pengiriman seperti ukuran, ketahanan dan bentuk. Beberapa kriteria tersebut harus dipenuhi untuk memudahkan pengangkutan baik dalam kendaraan maupun diluar kendaraan. Kemasan yang dirancang agar mudah ditata akan membuat pengiriman ke luar kota dan luar derah yang jaraknya jauh lebih aman dan nyaman saat dibawa.

  1. Kemasan Mudah Dikenal Konsumen

Membuat kemasan makanan kertas produk hendaknya menggunakan desain yang mudah dikenali oleh para konsumen. Tambahkan beberapa ciri-ciri khusus ke dalam desain kemasan seperti merk dan slogan yang mudah di ingat sehingga ketika seorang konsumen mendapati produk itu disuatu tempat, maka akan dengan mudah mereka mengenalinya. Kemasan yang mudah dikenal akan membuat produk tersebut cepat populer dikalangan para konsumen pastinya.

  1. Informasi Produk Tercantum Pada Kemasan

Hal yang wajib ada disetiap kemasan adalah informasi serta deskripsi yang isinya tergantung dari jenis produknya. Seperti yang sudah diulas diatas, informasi yang terpampang nyata dikemasan seperti bahan baku yang digunakan, izin dari badan terkait serta manfaat dari produk, akan meningkatkan kepercayaan dari masyarakat. Selain itu, hal ini dapat menjadi jaminan untuk para pembeli terkait keamanan dari produk yang kalian jual.

  1. Desain Kemasan Ergonomis

Kemasan yang digunakan harus memudahkan konsumen dalam menggunakan produk tersebut. Sebagai contoh adalah air minum dalam kemasan yang botolnya dibuat dengan ukuran yang sesuai dan mudah dibawa kemana-mana. Kemasan seperti ini akan memudahkan konsumen dalam penggunaannya. Desain yang ergonomis perlu diterapkan dalam pembuatan kemasan agar konsumen tertarik dan mau membeli produk yang ditawarkan.

WhatsApp chat