Kemasan Sebagai Media Promosi – Kemasan merupakan sebuah alat yang di gunakan sebagai media pembungkus, agar dapar melindungi makanan dari kerusakan, paparan sinar matahari, debu dan lain – lain. Kemasan saat ini juga telah banyak di gunakan oleh para produsen makanan sebagai media promosi suatu produk. Kemasan yang unik saat ini juga dapat sangat mempengaruhi dalam penjualan suatu produk.

Kemasan Sebagai Media Promosi

Kenapa di sini kami mengatakan kemasan dapat menjadi media promosi, kemasan yang unik memiliki gambar dan warna yang menarik dapat mempengaruhi 70% para calon pembeli. Namun dalam mendesain sebuah kemasan kita juga harus menelaah lebih dalam lagi target pasar seperti apa yang ingin kita capai.

Kemasan Sebagai Media Promosi – Sebagai contoh, jika kalian ingin mencari target anak – anak, kalian dapat medesain kemasan yang sangat menarik, penuh gambar dan warna, sehingga kalian dapat menarik perhatian dari anak itu. Namun jika kalian ingin mengejar target pasar kalangan dewasa, mungkin kalian dapat mendesain kemasan secara unik namun elegan.

Point Penting Dalam Kemasan

Dalam mendesain kemasan ataupun mencetak sebuah kemasan, baik kemasan makanan ataupun kemasan sebuah produk dan benda, kalian harus memperhatikan beberada point penting yang terdapat di dalamnya, diantaranya.

1. Desain

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan saat mendesain kemasan merupakan desain kemasannya itu sendiri. Agar terlihat menarik, kemasan tentunya harus memiliki desain yang bagus. Bukan hanya barang di dalam kemasannya saja yang bagus, namun kemasan luarnya juga harus dapat membuat pembeli menyukainya.

Jangan sampai para pembeli menjadi malas untuk membeli barang kalian kali berikutnya hanya karena kemasannya tidak terlihat indah di mata mereka. Sangat merugikan tentunya.

2. Kreativitas

Selain keindahan dan keunikan pada desain, hal berikutnya yang perlu menjadi perhatian kalian dalam mendesain kemasan adalah seberapa kreatifnya kalian. Kemasan yang terlihat kreatif akan meninggalkan kesan positif untuk si penerima barang.

Banyak aspek dari kemasan yang bisa kalian pilih untuk dijadikan sebagai tempat Anda menyalurkan kreativitas, misalnya saja bentuk dan ukuran kemasan. Produk yang Anda jual dapat menjadi inspirasi bentuk kemasan itu sendiri.

3. Kepraktisan

Seperti yang telah saya disampaikan pada poin kedua, kalian memang harus kreatif dalam menentukan kemasan yang akan menjadi pelindung barang yang kalian jual. Namun, pastikan bahwa kalian tidak melakukannya terlalu berlebihan.

Kepraktisan juga merupakan poin penting yang perlu diingat ketika mendesain kemasan. Cobalah menempatkan posisi pembeli. Apakah pembeli akan mengalami kesulitan saat membuka kemasan kalian ? Jika ya, maka kemasan kalian pastinya kurang praktis. Hal lain yang perlu kalian pertimbangkan juga adalah mengenai pengiriman barang. Akankah kemasan kalian merepotkan si pengirim saat mengantarkannya ke tempat tujuan ? Jika ya, maka kemasan kalian kurang praktis.

4. Kualitas

Jangan sekali-kali Anda berkompromi soal kualitas karena kualitas itu merupakan point yang sangat penting. Sebelum menilai produk yang kalian jual, pembeli akan terlebih dahulu menilai kemasannya. Jadi, walaupun barang kalian berkualitas tinggi, namun jika kemasan kalian tidak berkualitas tinggi, pelayanan dan bisnis kalian akan dinilai buruk oleh pembeli. Oleh karena itu, pastikan kalian mencetak kemasan di percetakan yang mengedepankan kualitas di atas segalanya.

WhatsApp chat