Cara membuat desain kemasan menarik – Desain kemasan makanan merupakan salah satu faktor penunjang yang dapat menguatkan branding bisnis dalam persaingan yang kian ketat. Desain kemasan yang menarik serta berkualitas mampu menjadi pembeda antara brand kalian dengan kompetitor.

Melalui desain kemasan kalian dapat meluapkan informasi terkait identitas bisnis seperti logo, kualitas produk, dan lain sebagainya. Dengan menambahkan hal sederhana seperti ini tentu menarik perhatian konsumen untuk jatuh cinta lebih dalam lagi akan produk yang kalian jual.

Cara membuat desain kemasan menarik

Nah, mungkin dari kalian bertanya – tanya bagaimana cara membuat desain kemasan yang menarik dan mampu mencuri mata konsumen kan? Cukup mudah saja, kalian dapat menyerahkannya kepada kami Tab-packaging.

Patut kalian pahami, suatu kemasan makanan yang menarik tak harus mahal dan juga tak harus rumit. Anggaplah diri kalian semua itu seniman, seniman yang mampu bersikap kreatif dan mengerti akan keseimbangan antara efisiensi dan efektivitas.

Dengan begitu, sudah pasti produk yang kalian jual akan lebih stand out serta menarik perhatian orang yang melihatnya. Artinya, kesempatan konsumen untuk terlibat pada produk kalian akan semakin terbuka lebar. Dengan desain kemasan makanan yang menarik dan unik tentu saja mempunyai karakter yang akan membedakan dengan produk serpa lainnya.

Apa fungsi kemasan makanan yang menarik?

Perlu kalian ingat bahwa desain kemasan yang menarik harus bisa merefleksikan aspek – aspek dari produk itu sendiri serta juga bisnis yang kalian jalankan. Bagi para pelaku bisnis yang sudah memiliki jam terbang cukup tinggi, tentu saja hal ini sangatlah mereka perhatikan, karena dapat membantu dalam proses pemasaran.

Lantas, apa saja fungsi dari desain kemasan makanan yang menarik?

  • Membantu pemasaran, karena dalam desain kemasan tersebut tercantum informasi penting seperti merek bisnis, jenis produk, label produk, expire date, kandungan gizi, serta alamat dan keterangan produsen.
  • Meningkatkan brand awerenessdan kualitas produk tersebut, karena makin dikenal sekaligus dipercaya oleh konsumen dan juga calon konsumen baru.
  • Menjaga kualitas barang di dalamnya, untuk makanan maka menjadi lebih awet, pakaian menjadi tidak kusut, alat elektronik tetap aman terjamin dan bisa digunakan.

Rahasia desain kemasan makanan yang dapat memikat hati konsumen

Desain packaging yang unik dan menarik tentu saja perlu menerapkan beberpa hal penting yang dapat mempengaruhi sukses atau tidaknya sebuah bisnis. Untuk itu di sini kami Tab-packaging akan memberikan tips rahasisa yang dapat kalian lakukan ketika mendesain sebuah kemasan makanan.

  1. Pilih warna yang tepat

Warna kemasan pada sebuah produk makanan sangatlah penting, hampir 90% dari pembelian didasarkan hanya pada warna yang menarik saja. Jadi, kamu harus mengetahui peran dan arti warna dalam desain kemasan, misalnya:

  • Merah melambangkan hasrat, kekuatan, cinta dan keberanian
  • Kuning melambangkan energi, serta kebahagiaan
  • Oranye melambangkan kesan senang, kehangatan, atau tekad
  • Hijau melambangkan kesegaran, alam, atau uang
  • Biru melambangkan ketenangan, otoritas, atau maskulinitas
  • Ungu melambangkan kreativitas, royalti, atau misteri
  • Merah mudah melambangkan rasa ramah, feminitas
  1. Pilih bentuk kemasan yang sesuai

Kalian mungkin pernah memperhatikan bahwa kemasan untuk produk “makanan” sering memiliki bentuk persegi panjang, seperti kotak, sementara banyak produk “aksesoris” seringkali lebih melengkung, ternyata itu bukanlah kebetulan.

Ada beberapa pertimbangan psikologi dalam bentuk kemasan tersebut, tersembunyi di balik target pasar kamu, untuk itu kamu bisa membuat desain kemasan sesuai dengan itu.

Meskipun desain yang menonjol itu penting, namun perlu juga diingat bagaimana produk kamu dapat bersaing di industri ritel. Kamu bisa berkonsultasi dengan beberapa desainer kemasan untuk membuat bentuk kemasan yang tepat sesuai dengan bisnis dan target pasar.

  1. Buat agar mudah dimengerti

Pelanggan kalian perlu “mengerti” produk kamu dengan cepat, kalian hanya memiliki beberapa detik untuk membuat produkmu dapat dipahami oleh pelanggan saat pertama kali melihatnya.

Salah satu cara yang bisa kamu coba yakni menggunakan bahasa yang sederhana, cara ini sangat penting untuk meningkatkan kemungkinan seseorang akan memahami apa yang kamu jual dan membuat mereka lebih cenderung untuk membelinya melainkan hanya meilhatnya.

  1. Gunakan kalimat sederhana

Pada desain kemasan makanan kertas, seringkali ditemukan berbagai tulisan selain komposisi ataupun identitas barang itu sendiri. Misalnya saja kalimat slogan, kata-kata persuasif, nama brand, dan lainnya.

Meskipun ingin dibuat menarik tetapi kalian perlu hindari penggunaan kalimat berlebihan, kalimat yang alay, atau kurang penting yang mampu membuat bingung para konsumen sehingga konsumen pun tak akan tertarik untuk membeli produk yang kalian jual.

Kalian dapat menggunakan gaya bahasa sederhana, mudah diingat tetapi mampu mengintepretasikan tujuan maupun barang tersebut. Disini saya tegaskan kalian dapat menggunakan kata sederhana, mudah dipahami, dan sangat mendalam mengenai produk yang kalian jual.

Nah, berkut merupakan beberapa cara yang dapat kalian coba untuk membuat desain kemasan yang menarik. Semoga artikel kami kali ini dapat menambah wawasan kalian mengenai kemasan ya. Nantikan artikel kali selanjutnya, sampai jumpa.

WhatsApp chat