Arti kemasan yang sesungguhnya – Dalam dunia kuliner sering kali disinggung mengenai kemasan. Bisa dikatakan bahwa kemasan merupakan bagian yang berperan cukup penting dalam bisnis, khususnya bisnis makanan, minuman, atau bahan pangan lain. Dengan hadirnya kemasan, maka produk yang disajikan pun akan terlihat lebih menarik, dan juga cenderung lebih aman untuk digunakan.

Tanpa disadari atau tidak kini pebisnis seolah terlibat dalam perang pengemasan. Mereka berlomba – lomba untuk membuat berbagai macam kemasan yang istimewa penuh dengan fitur yang unik agar mampu meningkatkan omzet penjualan. Lantas apa arti kemasan yang sesungguhnya, lalu apa penjelasan detail mengenai kemasan ini? Simak beberapa ulasan yang kami buat dibawah ini.

Arti kemasan yang sesungguhnya

Berbicang mengenai penjelasan kantong kertas makanan ini, terdapat beberapa pendapat yang berbeda – beda dari para pakar ahli kemasan, berikut merupakan beberapa penjelasan dari para ahli yang dapat kita jadikan acuan :

  1. Klimchuk dan Krasovec

Menurut Klimchuk dan Krasovec, kemasan merupakan sebuah desain kreatif yang dimana desain tersebut mengaitkan beberapa unsur. Unsur yang dimaksud adalah bentuk, struktur, material, warna, citra dan elemen desain lainnya dengan tujuan pemasaran suatu produk.

Kemasan yang dibuat tersebut akan digunakan untuk melindung, menyimpan serta mengidentifikasi dan membedakan sebuah produk di pasaran. Dengan kemasan, maka calon pembeli dapat mengetahui detail suatu barang dengan lebih mudah.

  1. Kotler & Keller

Menurut Kotler & Keller, pengemasan merupakan sebuah kegiatan untuk merancang serta melakukan produksi bungkus atau wadah untuk sebuah produk. Pengemasan tersebut memiliki fungsi utama guna menjaga produk yang akan dipasarkan. Kini, pengemasan dan juga kemasan, menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam pemasaran.

  1. Rodriguez

Menurut Rodriguez, apa yang dimaksud dengan kemasan merupakan wadah di mana ia mampu mengubah suatu kondisi dari bahan pangan. Biasanya, akan ditambahkan senyawa aktif dalam kemasan tersebut di mana senyawa tersebut nantinya dapat memperpanjang umur simpan dari suatu produk dan menjaga kualitas dari produk tersebut.

Lalu apasih fungsi dari kemasan makanan yang sesungguhnya ini, mungkin sebagaian dari kalian ada yang menggunakan kemasan sebagai media promosi saja bukan untuk membungkus sebuah produk. Mungkin dari kalian yang belum memahami fungsi kemasan yang sesungguhnya dapat membaca penjelasan fungsi kemasan dibawah ini :

  1. Fungsi Protektif

Salah satu fungsi utama dari kemasan adalah fungsi protektif atau fungsi perlindungan. Dengan menggunakan kemasan, maka produk dapat dilindungi dengan baik, terutama pada saat penyimpanan, pengiriman dan juga pemasaran. Produk yang dikemas akan cenderung lebih awet dan tidak mudah rusak dengan hadirnya kemasan.

  1. Fungsi Promotional

Kemasan pada umumnya digunakan untuk melindungi produk sebagaimana poin sebelumnya. Selain itu, ada fungsi promotional dari kemasan yang saat ini sangat banyak digunakan. Terkait promosi, produsen akan berusaha untuk membuat kemasan yang unik di mana dengan kemasan tersebut ada harapan jika produk akan cenderung lebih laku.

  1. Fungsi Brand Image

Fungsi lain dari kemasan adalah brand image. Maksud dari brand image ini adalah kemasan memegang peranan penting untuk membangun brand dari suatu produk, merek atau perusahaan. Dengan kemasan yang tepat, tentu saja produsen akan mendapatkan image atau penilaian yang baik dimata para konsumen mereka.

Selain fungsi yang dijelaskan diatas, kemasan juga memiliki berbagai macam tujuan yang dapat anda ketahui lho. Tujuan dari kemasan bukan hanya sebagai media pembungkus, pelindung, atau promosi saja, terdapat beberapa tujuan yang dapat anda ketahui sebagai berikut :

Physical protection – kemasan adalah salah satu bentuk perlindungan fisik yang nyata untuk suatu produk. Dengan adanya kemasan, maka produk akan cenderung lebih aman dan juga terlindungi dari tekanan, guncangan, getaran, suhu dan lainnya.

Barrier protection – perlindungan lain yang akan didapatkan dari aplikasi kemasan dalam suatu produk adalah perlindungan dari debu, uap air dan lainnya. Dengan demikian, kemasan akan memastikan bahwa kondisi produk senantiasa baik.

Containment – pengelompokan barang atau benda biasanya dilakukan untuk tujuan efisiensi penanganan dan juga transportasi. Dengan kemasan, maka pengelompokan benda tersebut akan cenderung lebih mudah dan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Hal terakhir yang dapat anda ketahui ialah berbagai macam jenis kemasan yang ada saat ini. Berikut kami rangkum beberapa jenis kemasan yang ada baik di Indonesia maupun Indonesia.

Kemasan Primer, merupakan sebuah kemasan yang langsung menjadi wadah dari suatu produk, biasanya produk pangan. Diantara produk yang menggunakan kemasan jenis ini adalah susu kaleng.

Kemasan Sekunder, yaitu sebuah kemasan yang secara umum memiliki fungsi utama guna melindungi kemasan lainnya. Jadi, ada dua kemasan yang digunakan dalam satu produk tertentu. Salah satu penerapan jenis kemasan ini adalah kayu yang digunakan untuk melindungi buah yang sudah dikemas atau karton untuk melindung susu kaleng.

Kemasan Tersier dan Kuarter, adalah kemasan yang digunakan untuk menyimpan, mengirim ataupun melakukan identifikasi. Kemasan ini cenderung digunakan terutama sebagai pelindung dalam pengangkutan barang.

Demikian penjelasan mengenai arti sesungguhnya dari kemasan yang ada saat ini, semoga artikel yang kami buat kali ini dapat bermanfaat untuk anda.

WhatsApp chat